Minggu, 05 Oktober 2014

Tugas 5 : Laporan Praktikum 5

Laporan Praktikum 5

Animasi Kepala Menoleh Sederhana

(Simple Head Turn With Anticipation)



Tujuan
- Mahasiswa dapat menjalankan aplikasi Pencil 2D
- Mahasiwa dapat membuat animasi sederhana yaitu "Simple Head Turn With Anticipation" menggunakan aplikasi Pencil 2D

Alat dan Bahan
- PC/ Laptop
- Aplikasi Pencil 2D
Wacom Intuos 3

Dasar Teori
    Beberapa prinsip dasar animasi yang digunakan dalam latihan kali ini adalah sebagai berikut :

1. Anticipation
Anticipation adalah gerakan yang dilakukan sebelum kita melakukan gerakan yang lain (ancang - ancang). Gerakan Ini juga dibutuhkan agar gerakan pada animasi menjadi lebih realistik. Contoh : Seperti saat akan berlari pada kartun, gerakan awalnya pasti dia akan memutar badan dan mengangkat tangannya keatas baru dia berlari.

2. Timing
Timing adalah penempatan waktu pada sebuah animasi.  Seperti penempatan expressi apabila suatu karakter dilempari batu maka pada saat itu dia akan kesakitan tanpa jeda waktu artinnya tidak ada in-between ( gerakan di antara gerakan ).


3. Spacing (Slow in/Slow out)
Slow In Slow Out adalah cepat lambatnya sebuah gerakan pada animasi. Seperti Gravitasi  apabila kita melempar bola ke udara maka akan terlihat cepat dan apabila kekuatan untuk melaju keatasnya sudah habisa maka gerakannya akan diperlambat dan kembali turun kebawah.

4. Arcs
Arcs adalah garis lengkung yang menentukan gerakan sebuah animasi, arcs juga digunakan agar sebuah animasi menjadi terlihat lebih realistik tidak seperti robot.

Langkah Percobaan
  • Langkah percobaan yang digunakan pada latihan kali ini hampir sama seperti latihan sebelumnya, hanya saja menambahkan sedikit gerakan awalan sebelum melakukan gerakan kepala menoleh.
    Setelah mencoba latihan sebelumnya, maka langkah berikutnya adalah sebagai berikut :
    • Geser frame pertama sampai frame terakhir hingga frame pertama tadi terletak pada frame kesembilan.
    • Lalu isi frame pertama sampai frame kedelapan dengan gerakan antisipasi. Disini yang digunakan adalah antisipasi dengan kelopak mata tertutup hingga membuka.
    • Tambahkan Bitmap Layer pada frame pertama, lalu gambarlah bentuk kepala yang sama dengan kelopak mata tertutup.
    • Kemudian gambar kelopak mata membuka sedikit demi sedikit mulai dari frame kedua hingga frame kedelapan.
    • Terakhir, tambahkan objek tambahan sebagai pelengkap atau penunjang animasi tersebut sehingga didapatkan sebuah cerita sederhana.
    • Jangan lupa untuk menyimpan hasil latihan ini.
    • Klik Play dan Loop untuk menjalankan animasi secara berulang.

 Hasil dari latihan diatas adalah sebagai berikut :



Referensi :


0 komentar:

Posting Komentar