Laporan Praktikum 6
BLINKING EYES ANIMATION
Tujuan
- Mahasiswa dapat menjalankan aplikasi Pencil 2D
- Mahasiwa dapat membuat animasi sederhana yaitu "Blinking Eyes Animation" menggunakan aplikasi Pencil 2D
Alat dan Bahan
- PC/ Laptop
- Aplikasi Pencil 2D
- Wacom Intuos 3
Dasar Teori
Kedipan mata adalah sesuatu yang biasa dilakukan. Mungkin karena mata kita kering, tetapi ada alas an umum yang perlu diperhatikan dalam membuat animasi kedipan mata seperti : ketika kepala menoleh, saat menatap, dan perubahan cara berpikir. Kedipan mata dalam animasi berfungsi untuk membuat karakter semakin terlihat hidup.
Kepala menoleh
Ketika kita menoleh ke kiri dan ke kanan secara tidak langsung menyebabkan mata kita berkedip, baik berasal dari menoleh dengan cara yang cepat maupun lambat.
Perubahan berpikir
Ketika karakter menyadari sesuatu atau sedang berpikir tentang solusi untuk suatu masalah, kedipan mata akan menegaskan emosi itu.
Menatap
Setelah lama dalam menatap kedipan mata dapat membuat sesuatu tetap terlihat hidup
Jenis-jenis kedipan mata :
Ketika kita menoleh ke kiri dan ke kanan secara tidak langsung menyebabkan mata kita berkedip, baik berasal dari menoleh dengan cara yang cepat maupun lambat.
Perubahan berpikir
Ketika karakter menyadari sesuatu atau sedang berpikir tentang solusi untuk suatu masalah, kedipan mata akan menegaskan emosi itu.
Menatap
Setelah lama dalam menatap kedipan mata dapat membuat sesuatu tetap terlihat hidup
Jenis-jenis kedipan mata :
1. Kedipan Mata Biasa
Kelopak mata menutup(2 frame) mata ditahan agar tetap menutup (1 frame) mata terbuka (3 frame). Kegunaan : Menatap, Kepala menoleh, mencerminkan karakter bosan, dan tetap menjaga karakter tetap terlihat hidup.
Kelopak mata menutup(2 frame) mata ditahan agar tetap menutup (1 frame) mata terbuka (3 frame). Kegunaan : Menatap, Kepala menoleh, mencerminkan karakter bosan, dan tetap menjaga karakter tetap terlihat hidup.
2. Kedipan Mata Cepat
Kelopak mata menutup(2 frame) kelopak mata terbuka(3 frame). Kegunaan : Mencerminkan karakter resah & marah, sesuatu terjadi pada wajah pemilik karakter.
Kelopak mata menutup(2 frame) kelopak mata terbuka(3 frame). Kegunaan : Mencerminkan karakter resah & marah, sesuatu terjadi pada wajah pemilik karakter.
3. Kedipan Mata Lama
Kelopak mata menutup(3 frame) mata ditahan agar tetap menutup (2 frame) mata terbuka (4 frame). Kegunaan : Kepala menoleh 3600, Perubahan berpikir.
Kelopak mata menutup(3 frame) mata ditahan agar tetap menutup (2 frame) mata terbuka (4 frame). Kegunaan : Kepala menoleh 3600, Perubahan berpikir.
Referensi :
12 Prinsip Animasi
Moh Hasbi Assidiqi | Web, Games, and Education
Principles Of Animation
Tugas 6 : Laporan Praktikum 6